Search Engine
Optimization (SEO)
11. Search Engine Optimization (SEO)
Adalahteknik optimalisasi yang dilakukan pada Konten serta
halaman website. Search Engine Optimization, sering kali disingkat SEO
optimization atau hanya disebut S-E-O saja dalam bahasa Indonesia diartikan
sebagai optimasi mesin pencarian. Tujuan dari pada optimasi ini sendiri adalah
untuk mengoptimalkan Website Usaha untuk Bisnis anda ataupun Web articles di blog anda sehingga mudah
diindex oleh search engine dan nantinya mempunyai kualitas SERP atau Search
Engine Result Page lebih bagus.
SEO Optimization merupakan salah satu cara yang digunakan untuk
mendatangkan traffic atau pengunjung ke dalam website melalui search engine
sehingga anda mendapatkan limpahan pengunjung dari mesin pencari secara gratis,
dimana berdasarkan riset dari banyak “top internet marketer” dikatakan bahwa
seorang pengunjung kemungkinan besar hanya akan mengunjungi website anda bila
kata kunci yang dicarinya berada di Top 10. Cobalah anda bayangkan, bilamana
anda sedang mencari sesuatu informasi maka apakah anda mencari sampai kehalaman
2, 3, 4 dan seterusnya? Jawabnya tentunya sebagian besar hanya sampai top 10
saja atau hanya sampai diurutan paling bawah halaman satu saja kan?
2. Tujuan dasar SEO
Adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas
(atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek
tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil
pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Pengertian SEO atau Optimasi Mesin
Pencari adalah langkah-langkah atau proses yang dilakukan untuk meningkatkan
volume dan kualitas trafik (lalu lintas) kunjungan melalui mesin pencari (search
engine) menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau
algoritma mesin pencari tersebut.
Jadi, tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah
situs web pada posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian
berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan atau yang dicari.
Apabila sebuah situs web memiliki posisi teratas atau halaman depan pada hasil
pencarian oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, otomatis
situs web tersebut akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan
trafik pengunjung yang tinggi dan berkualitas.
Mesin pencari atau search
engine memiliki algoritma tersendiri untuk dapat mengindex suatu situs web
untuk masuk di halaman depan atau puncak teratas dari hasil pencarian oleh search
engine. Sehingga, mau tidak mau pemilik situs web harus menerapkan dan
menguatkan langkah SEO untuk
situs web-nya agar situs tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki
banyak keuntungan seperti makin banyaknya pembeli yang membeli barang-barang
dari situs web atau blog tersebut.
Masih belum mengerti?
Jadi begini, misalnya kita ingin mencari sebuah website restoran dengan
target/kata kunci "restoran murah di Bali" dengan media Internet.
Tetapi, kita tidak mengetahui alamat situs web terbaik dengan target
"restoran murah di Bali" tersebut. Lalu, kita menggunakan layanan
mesin pencari untuk mencari/menelusuri restoran yang memiliki kriteria
paling baik dan dimulai dari yang terbaik untuk ditampilkan di halaman
depan/teratas hasil pencarian. Ketika hasil penelusuran mesin pencari muncul,
tentu kita akan memilih situs web restoran yang memiliki peringkat teratas
dalam hasil penelusuran tersebut. Nah, jadi para pemilik situs web harus
memutar otak agar situs web mereka dapat terindex dan mendapat posisi terdepan
pada halaman hasil pencarian mesin pencari.
Secara umum, terdapat 2 (dua) macam SEO, yaitu:
·
White Hat SEO
White Hat SEO adalah
langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari yang dilakukan oleh
pemilik sebuah situs web atau blog dengan jalur putih atau LEGAL. Cara ini
sangat disukai oleh mesin pencari karena website atau blog ini sesuai dengan
aturan atau ToS (Term of Service) yang dimiliki oleh mesin pencari
(terutama Google).
·
Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah
kebalikan dari White Hat SEO. Black Hat SEO merupakan langkah-langkah atau
proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari dengan jalur hitam atau ILLEGAL. Cara
ini sangat dibenci oleh mesin pencari seperti Google karena cara ini melanggar
aturan atau ToS yang dimilikinya. Apabila cara ini digunakan oleh blog seperti
Blogspot, maka akun blog tersebut bisa diblokir atau di-banned oleh
pihak Google karena melanggar aturan main mereka.
Adapun Gray Hat SEO merupakan pencampuran
antara White Hat SEO dengan Black Hat SEO. Meskipun sebuah situs blog pada
Blogspot yang menerapkan cara ini, tetap saja akan di-banned oleh pihak
Google karena terdapat aturan yang dilanggar, meskipun tidak semuanya.
Intinya adalah,
Pengertian SEO adalah cara-cara yang dilakukan agar suatu situs web atau blog agar
terindex dan muncul di halaman depan atau puncak dari hasil penelusuran mesin
pencari.
3. Strategi pemasaran internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan
pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar
alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain
dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu
masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan
situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari
Google, Yahoo!, Bing,
dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil
pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan
pemasaran via internet:
·
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi
lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi
dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
·
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra
dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.









0 komentar:
Posting Komentar